Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas

Samsu Somadayo

Telah di baca oleh 3 pemustaka, dengan total durasi baca 00:23:13

Deskripsi Buku

Penelitian tindakan kelas PTK pertama kali diperkenalkan oleh ahli psikologi sosial Amerika yang bernama Kurt Lewin pada tahun 1946 Inti gagasan lewin inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh ahli ahli lain seperti Stephen Kemmis Robin Mc Tanggart John Elliot Dave Ebbutt dan sebagainya PTK di Indonesia baru dikenal pada akhir dekade 80 an Oleh karenanya sampai dewasa ini keberadaanya sebagai salah satu jenis penelitian masih sering menjadi perdebatan jika dikaitakan dengan dengan bobot keilmiaannya Penelitian tindakan kelas PTK dimaksud untuk bull Memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru dosen demi tercapainya tujuan pembelajaran bull Memperbaiki dan meningkatkan kinerja pembelajaran yang dilaksanakan bull Mengidentifikasi menemukan solusi dan mengatasi masalah pembelajaran di kelas bull Meningkatkan dan memperkuat kemampuan guru dalam memecahkan masalah masalah pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas yang diajarnya bull Mengeksplorasi dan membuahkan kreasi kreasi dan inovasi inovasi pembelajaran misalnya pendekatan metode strategi dan media yang dapat dilakukan oleh guru demi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran bull Mencobakan gagasan pikiran kiat cara dan strategi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran selain kemampuan inovatif guru Buku ini memberikan penerapan atau aplikasi teori penelitian yakni penelitian kualitatif penelitian tindakan kelas PTK prosedur dan rancangan penelitian tindakan kelas karakteristik penelitian tindakan kelas nbsp model model penelitian tindakan kelas pengembangan instrumen penelitian tindakan kelas serta contoh rancangan proposal penelitian tindakan kelas

Penelitian tindakan kelas (PTK) pertama kali diperkenalkan oleh ahli psikologi sosial Amerika yang bernama Kurt Lewin pada tahun 1946. Inti gagasan lewin inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh ahli-ahli lain seperti Stephen Kemmis, Robin Mc Tanggart, John Elliot, Dave Ebbutt, dan sebagainya.

PTK di Indonesia baru dikenal pada akhir dekade 80-an. ...

• Memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru/dosen demi tercapainya tujuan pembelajaran

• Memperbaiki dan meningkatkan kinerja pembelajaran yang dilaksanakan

• Mengidentifikasi, menemukan solusi, dan mengatasi masalah pembelajaran di kelas

• Meningkatkan dan memperkuat kemampuan guru dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas yang diajarnya

• Mengeksplorasi dan membuahkan kreasi-kreasi dan inovasi-inovasi pembelajaran (misalnya, pendekatan, metode, strategi dan media) yang dapat dilakukan oleh guru demi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran

• Mencobakan gagasan, pikiran, kiat, cara, dan strategi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran selain kemampuan inovatif guru

Buku ini memberikan penerapan atau aplikasi teori penelitian yakni, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas (PTK), prosedur dan rancangan penelitian tindakan kelas, karakteristik penelitian tindakan kelas,  model-model penelitian tindakan kelas, pengembangan instrumen penelitian tindakan kelas, serta contoh rancangan proposal penelitian tindakan kelas.

Detail Buku

Ketersediaan
1/1
Jumlah Halaman
180
Kategori
Sub Kategori
Penerbit
Tahun Terbit
ISBN
978-979-756-915-0
eISBN
-

Buku Rekomendasi

Lihat Semua

Buku Terkait

Lihat Semua